Berbagai Tradisi Minum Teh di Asia

Berbagai Tradisi Minum Teh di Asia
May 21, 2017 tomomi
In News, Stories

Teh merupakan sumber alami kafein, teofilin dan antioksidan dengan kadar lemak, karbohidrat atau protein mendekati nol persen. Teh memiliki rasa sedikit pahit, dan uniknya ini merupakan kenikmatan tersendiri dari teh.

Beda wilayah, beda pula tradisinya. Ini juga berlaku untuk tradisi minum teh di berbagai wilayah Asia. Masing-masing wilayah memiliki ciri khas dan kunikan untuk menikmati teh. Mulai dari tradisi, kebudayaan, hingga ritual kekeluargaan yang membedakannya.

 

Indonesia: Ada Teh Disajikan dengan Telur

Teh pertama kali dikenal di Indonesia sekitar abad 16. Adalah Dr Andrean Cleyer (warga Negara Belanda) yang membawa teh ke Indonesia. Namun uniknya, saat awal dikenalkan di Indonesia, teh ini difungsikan sebagai tanaman hias. Kemudian pada abad 17 pemerintah Belanda mendatangkan teh dari Cina untuk ditanam di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Sejak itu, masyarakat Indonesia mulai terbiasa minum teh untuk perjamuan resmi hingga sekedar penghangat di tengah obrolan keluarga sehari-hari.

Meski saat ini teh hijau dan matcha sedang popular, namun di derbagai daerah di Indonesia memiliki tradisi minum teh yang dan unik dengan ciri khas masing-masing. Teh poci di Tegal, teh nasgitel di Solo, teh telur di Padang, dan lain sebagainya. Uniknya lagi, di Solo ada profesi khusus penyeduh teh yang disebut Jayeng.

 

Jepang: Upacara Minum Teh Berlangsung 4 Jam

Masyarakat Jepang mulai mengenal teh matcha yang terbuat dari bubuk teh hijau pada abad 12. Namun, upacara minum teh dikenal sejak abad 16 dan dipelopori Sen No Rikyu. Biasanya tradisi upacara minum teh berlangsung empat jam dan masih dilakukan hingga kini oleh masyarakat Jepang.

Pertama, tamu datang dan diantar ke ruang tunggu. Lalu tuan rumah mengajak tamu berjalan ke taman. Setelah mencuci tangan di pancuran taman, tamu masuk ke ruang penyuguhan teh. Tuan rumah akan menyiapkan teh kental dan setelah selesai ia akan membunyikan gong yang menandakan tamu untuk memulai upacara minum teh di ruang penyuguhan teh.

Teh biasanya disiapkan khusus oleh orang yang mendalami seni upacara minum teh. Ruang untuk minum teh disebut chashitsu . Sebelum meminum teh, posisi motif cawan (mangkuk teh) tidak boleh berada di bawah mulut untuk menghormati karya lukis pada cawan. Biasanya teh disajikan dengan kue manis untuk menetralkan rasa pahit teh.

Upacara minum teh selain membangun keakraban keluarga juga mencerminkan kepribadian dan pengetahuan tuan rumah yang mencakup, tujuan hidup, cara berpikir, agama, apresiasi peralatan upacara minum teh dan cara meletakkan benda seni dalam ruangan upacara minum teh.

 

 

Tibet: Tiga Cangkir Harus Habis

Minuman khas Tibet yang terdiri dari butter dan teh disebut Po Cha. Penyajiannya pun sangat unik. Daun teh dituang dalam wadah silinder, ditambahkan garam dan butter dari susu sapi khas Tibet. Bahan-bahan yang sudah dicampur tersebut dimasak hingga berjam-jam hingga mengental. Teh akan berwarna cokelat kemerahan dan di atasnya terdapat buih mentega tebal.

Saat bertamu, tuan rumah akan menghidangkan Po Cha. Dan tamu harus menghabiskan tiga cangkir Po Cha. Jika tidak, tuan rumah akan merasa terhina dan tamu dianggap sombong. Unik bukan?

 

Tiongkok: Menghirup Aroma Teh

Di Tiongkok sangat mengutamakan rasa dan aroma teh. Uniknya, minum teh disana tidak disertai kue atau camilan sebagai ‘teman’ nge-teh. Prosesnya pun unik. Dua wadah digunakan dalam tradisi minum teh, yaitu gelas dan mangkuk. Gelas untuk menghirup aroma teh, mangkuk untuk meminum air teh.

Bagaimana carannya? Daun teh dimasukkan hingga menutupi lingkaran dasar poci yang terbuat dari tanah liat merah berpori rapat. Poci diletakkan di atas mangkuk besar, lalu dituangi air mendidih hingga luber dan tertampung ke mangkuk besar. Kemudian poci ditutup selama beberapa menit.

Setelah terendam sempurna dan aroma menguar, air teh dituang ke gelas lalu dipindahkan ke mangkuk. Seusai memindahkan air teh, tamu menghirup aroma teh dari gelas sebagai tanda penghormatan pada tuan rumah. Setelah itu tamu baru bisa meminum teh.

 

Ternyata banyak cara menikmati teh ya, Exotic friends? Kalau kamu lebih suka cara minum teh yang mana? Atau kamu punya cara sendiri untuk menikmati teh? Atau kamu bosan dengan teh biasa? Kamu bisa coba Exotic Delight Matcha dari Exotico Indonesia nih.

Sebagai produsen minuman fungsional, Exotico Indonesia memproduksi Exotic Delight Matcha. Salah satu produk unggulan Exotico Indonesia ini menawarkan rasa matcha yang alami dan menyegarkan. Exotic delight matcha adalah minuman matcha instant yang diproduksi dengan teknologi modern dan higienis. Dengan mengandung kebaikan dan manfaat matcha bagi tubuh, Exotic Delight Matcha merupakan pilihan baru dan menyenangkan bagi para pecinta teh.