Inilah Teknik Mengaduk Matcha Agar Lebih Nikmat

Inilah Teknik Mengaduk Matcha Agar Lebih Nikmat
January 24, 2017 tomomi
In News

Saat ini matcha menjadi bahan makanan dan minuman yang popular dalam industry kuliner. Selain bentuk bubuk yang mudah di kreasikan, rasa yang unik, dan juga manfaat matcha juga sangat baik untuk tubuh. Di Jepang, tradisi meminum teh masih tetap dijaga. Selain sebagai budaya, meminum teh baik untuk kesehatan tubuh, karena mengandung antioksidan.

Ternyata ada beberapa teknik mengaduk matcha, agar rasa yang dihasilkan sempurna.  Tidak seperti saat mengaduk teh hijau biasa, mengaduk matcha membutuhkan ‘effort’ yang lebih dibanding teh hijau pada umumnya. Pada prosesnya, matcha akan mengeluarkan busa hijau saat diaduk. Alat pengaduknya pun berbeda. Chasen, alat pengaduk matcha ini biasanya dibuat dengan bahan dasar bambu.

Nah, jika kamu ingin berkreasi dengan matcha, selain dengan bahan dasar Exotic Delight Matcha, ada beberapa teknik mengaduk matcha (disadur dari okezone) yang mungkin bisa kamu praktekkan di rumah.

  1. Cara Tradisional

Cara pengadukan tradisional ini memerlukan Chasen (alat pengocok matcha dari bambu) untuk pengocokan dan juga mangkuk keramik sebagai wadah pengaduk nya. Untuk mulai mengaduk matcha, kamu bisa tuangkan satu sachet Exotic Delight Matcha ke dalam mangkuk keramik matcha lalu tambahkan air (sekitar 6 ons) bersuhu 79,4 derajat Celsius ke dalam mangkuk. Aduk rata dengan chasen selama satu atau dua menit agar matcha mudah berbaur. Bila busa hijau sudah muncul, kamu bisa hentikan proses pengadukan. Dan Exotic Delight Matcha bisa langsung dinikmati.

  1. Cara Amerika

Jika kamu tidak punya mangkuk dan chasen matcha, tidak perlu khawatir. Kamu bisa gunakan mangkuk keramik biasa yang berbentuk cekung, dan juga kocokan kawat atau blender. Saat sebelum dipakai, panaskan mangkuk ke dalam microwave agar suhu panas matcha bisa terjaga. Untuk memulainya, satu sachet Exotic Delight Matcha ke dalam mangkuk keramik yang hangat. Setelah itu, tuangkan air (sekitar 6 ons) dengan suhu 79,4 derajat Celsius ke dalam mangkuk. Tahan mangkuk dengan satu tangan selama satu atau dua menit, dan agar cepat berbaur, gunakan kocokan kawat atau blender. Teruskan sampai matcha tercampur sempurna. Dengan cara ini, hasil busa matcha tidak akan setebal dibanding cara tradisional. Ini dikarenakan chasen dan mangkuk matcha memang dirancang khusus untuk menghasilkan matcha terbaik.

  1. Cara latte

Untuk kamu yang suka bereksplorasi dalam menciptakan minuman unik, kamu bisa campurkan Exotic Delight Matcha dengan tambahan sedikit rasa manis dan creamy, yaitu dalam bentuk teh latte. Setelah matcha tercampur rata, berikan satu sendok makan sirup beras merah atau pemanis lain, lalu kocok sampai larut. Sirup beras merah digunakan untuk kamu yang tidak terlalu suka dengan yang terlalu manis, digunakan hanya sebatas melengkapi rasa matcha. Setelah itu, berikan sekitar 6 ons susu yang sudah dikukus lalu kocok hingga berbusa. Untuk penyajiannya, kamu bisa gunakan gelas tinggi yang cantik sebagai wadah, hiasi dengan sedikit bubuk matcha sebagai topping.

Selamat berkreasi, Exotic friends! (exo-dms)