Mengenal Matcha Lebih Dalam

Mengenal Matcha Lebih Dalam
August 8, 2016 tomomi
In Stories

Siapa yang tidak kenal dengan Matcha. Salah satu jenis rasa yang sudah tidak asing lagi ini sekarang sangatlah popular untuk dikombinasikan hampir disetiap minuman, makanan kecil sampai makanan berat. Bahkan ada juga yang menjadikannya sebagai masker wajah herbal matcha tea. Ya, sungguh tidaklah heran. Namun dari semua yang hal bisa dikombinasikan dengan Matcha tertarikkah anda untuk mempelajari dan mengenal si Matcha ini lebih dalam? Tapi sebelumnya yuk kita mulai kembali mengingat sejarah Teh Hijau

Teh hijau adalah teh yang dibuat dari daun tanaman teh (Camellia sinensis) yang dipetik dan mengalami proses pemanasan untuk mencegah oksidasi, atau bisa juga berarti minuman yang dihasilkan dari menyeduh daun teh tersebut.

Teh termasuk minuman paling banyak dikonsumsi masyarakat. Di Indonesia, semua kalangan, dari bawah hingga atas, tak ada yang tak mengenal minuman khas Asia ini. Di Bumi Parahyangan, Jawa Barat, umpamanya, minuman teh menjadi minuman wajib untuk menjamu tamu. Di rumah makan atau warung Sunda pun setiap tamu selalu disodori minuman teh tawar lebih dulu sebelum makanan atau minuman yang dipesan disajikan.

Teh hijau merupakan minuman populer di daratan Tiongkok, Taiwan, Hongkong, Jepang dan Asia Tenggara, dan saat ini sudah semakin dikenal juga di negara Barat yang dulunya merupakan peminum teh hitam. Kalau di Jepang dikenal adanya upacara minum teh. Rangkaian upacara ini diawali dengan pembersihan teko penyajian, memasak air, menuang teh hijau ke dalam teko tadi, menuang air panas ke dalamnya, mengaduknya sampai rata dan berbuih, serta kemudian menyajikannya pada tamu dengan tata cara khas Jepang. Mesti upacara ini kelihatannya sederhana, tapi ada suatu getaran ritual dilibatkan, yang membuat upacara minum teh ini suatu seni yang bertahan berabad-abad hingga sekarang.

Teh hijau banyak memberi manfaat buat kesehatan diantaranya:
– Menghambat pembentukan kanker
– Mencegah penyakit jantung dan stroke
– Menstimulir sistem sirkulasi, memperkuat pembuluh darah, dan menurunkan kolesterol dalam darah
– Meningkatkan jumlah sel darah putih yang bertanggung jawab melawan infeksi
– Mencegah serangan influenza
– Menurunkan stress

Berikut ini jenis-jenis teh hijau yang umum:
– Gyokuro
– Sencha
– Genmaichaq
– Kabusecha
– Bancha
– Hojicha
– Kukicha
– Matcha

Matcha merupakan Teh hijau atau yang biasa disebut Tencha. Memiliki kualitas tinggi yang digiling menjadi bubuk teh dan dipakai untuk upacara minum the. Di perkebunan, tanaman ditutup dengan jerami atau kerai agar daun teh tidak terkena sinar matahari langsung (sama dengan cara pembuatan teh hijau Gyokuro). Setelah dipetik, daun teh langsung dikukus dan dikeringkan. Teh untuk matcha tidak diremas-remas seperti sewaktu membuat teh hijau jenis Sencha atau Gyokuro. Alat penggiling dari batu digunakan untuk menggiling daun teh yang sudah kering hingga halus menjadi tepung teh. .

Matcha mempunyai aroma yang harum sehingga digunakan sebagai perasa untuk es krim rasa teh hijau, berbagai jenis kue tradisional Jepang (wagashi), berbagai permen dan coklat.

Nah, Kira-kira kamu udah gambarankan bagaimana Matcha itu sendiri diproses. Alangkah lebih baik jika kita bukan hanya mengkonsumsi tapi juga tahu asal-usul dari bahan tersebut. (JJ)

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*